Blog Shift Langkah Efektif Mengurangi Stres Monday, June 13, 2011 Siapa yang tidak pernah mengalami stres ? Masalah yang hadir bertubi-tubi, baik masalah keuangan, keluarga, pekerjaan dan lainnya merupakan ... 5

Langkah Efektif Mengurangi Stres

Respons: 2 komentar

Siapa yang tidak pernah mengalami stres ? Masalah yang hadir bertubi-tubi, baik masalah keuangan, keluarga, pekerjaan dan lainnya merupakan pemicu terjadinya stres. Pengaruh gejala stres biasanya berupa gejala fisiologis.Terdapat riset yang menyimpulkan bahwa stres dapat menciptakan perubahan dalam metabolisme, meningkatkan detak jantung dan tarikan napas, menaikkan tekanan darah, menimbulkan sakit kepala, dan memicu serangan jantung. Stres yang berkaitan dengan pekerjaan dpat menyebabkan ketidakpuasan terkait dengan pekerjaan. Ketidakpuasan adalah efek psikologis sederhana tetapi paling nyata dari stres. Namun stres juga muncul dalam beberapa kondisi psikologis lain, misalnya, ketegangan, kecemasan, kejengkelan, kejenuhan, dan sikap yang suka menunda-nunda pekerjaan.

Dibawah ini ada beberapa langkah efektif untuk mengurangi stres :

1. Tidak Menunda Pekerjaan

Manajemen waktu yang buruk dapat memicu terjadinya stres. Mungkin kita beranggapan kita dapat menunda pekerjaan untuk menghindari stres, itu memang benar tapi itu hanya bersifat sementara. Menunda pekerjaan hanya akan membuat kita tambah stres terutama jika pekerjaan kita hampir mencapai deadline. Jadi jangan menunda pekerjaan anda namun jangan sampai memaksakan diri anda.

2. Jangan Takut Berkata Tidak

Apa yang anda ucapkan/lakukan pada hari ini akan sangat berpengaruh di masa depan. Pastikan anda dapat menyelesaikan suatu pekerjaan saat anda menerimanya. Jika orang terdekat dengan anda meminta anda melakukan suatu pekerjaan yang tidak bermanfaat untuk anda, maka beranilah untuk berkata tidak. Sebab mungkin pekerjaan itu hanya akan menyulitkan dirimu kedepannya.

3. Lakukan Kegiatan yang Menyehatkan

Berolahraga, yoga, meditasi, atau hanya melihat pemandangan yang indah, dapat membuat kita rileks, tekanan darah menjadi stabil, dan dapat menghilangkan stres. Tidur yang cukup juga dapat membantu menghindari kita dari stres

4. Terimalah Keadaan Diri Sendiri

Selama kita hidup, banyak kejadian-kejadian yang tidak bisa kita cegah, terjadi. Seperti anggota keluarga yang meninggal, bencana alam, tubuh yang cacat, dan masih banyak lagi. Karena tidak bisa kita kendalikan, maka hal yang bisa kita lakukan adalah menerima kondisi kita apa adanya. Jauh lebih baik memikirkan apa yang bisa kita lakukan dengan apa yang kita punya sekarang daripada terus merasa tertekan dengan keadaan.

5. Berpikir Positif

Jika kita seorang yang berpikiran positif, kita pasti mampu menghasilkan sesuatu. Kita akan lebih banyak berkreasi daripada bereaksi. Jelasnya, kita lebih berkonsentrasi untuk berjuang mencapai tujuan-tujuan yang positif daripada terus saja memikirkan hal-hal negatif yang mungkin saja terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Ketika mengalami suatu masalah, lihatlah dari sisi terangnya. Karena dalam setiap masalah pasti ada sesuatu yang dapat kamu petik dan kamu pelajari untuk membuat dirimu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

6. Menghibur Diri Sendiri

Saat stress menyerang, lakukanlah kegiatan yang bisa membangkitkan mood-mu lagi seperti bermain games, mendengarkan musik, menonton film atau apapun yang kamu suka. Kegiatan-kegiatan itu akan sangat membantumu mengurangi stress, namun jangan sampai melupakan kewajibanmu. Selain itu, kamu juga bisa melatih self talk yang positif untuk meningkatkan rasa percaya dirimu.

7. Tetap Fokus

Tidak semua orang bisa melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan, terutama apabila pekerjaan-pekerjaan kita membutuhkan tenaga dan pikiran ekstra. Pilih pekerjaan mana yang akan kamu kerjakan terlebih dahulu dan prioritaskan untuk mengerjakan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu.

8. Lakukan Aktivitas Bersama Teman

Jalan-jalan bersama teman atau hanya mengobrol cukup membantu untuk meringankan stressmu. Rencanakan juga suatu kegiatan bersama temanmu dan sementara jauhkanlah dirimu dari aktivitas yang berpotensi menimbulkan stress.

9. Hindari Tujuan yang Tidak Realistis

Jika kamu bermimpi untuk menjadi seorang pengusaha sukses, tentu kamu tidak bisa langsung membuat sebuah perusahaan yang menjadi penguasa pasar tanpa memiliki pengalaman sebelumnya. Bermimpilah yang besar, namun rencanakan langkahmu secara realistis. Segalanya harus dipersiapkan dengan matang agar nantinya jika terjadi masalah kita sudah siap untuk menghadapinya.

10. Meminta Bantuan

Seringkali, ada pekerjaan yang tidak bisa kita lakukan sendiri. Ketahui sampai dimana batasmu dan jangan ragu untuk meminta bantuan kepada teman atau orang lain untuk mengerjakan suatu pekerjaan bersama-sama. Jangan ragu-ragu hanya karena harus berbagi hasil, pekerjaan yang dilakukan bersama-sama justru akan membantu kita meraih target lebih cepat selama orang yang kita pilih adalah orang yang tepat.

Semoga tips ini memberi manfaat bagi yang membacanya.

Related Posts On info ,kehidupan ,tips

2 comments:

  1. wew manfaat banget nh, mudah2an bisa jadi acuan saat kena stres, hehe

    ReplyDelete
  2. Penyakit orang2 di masa modern.
    Mdh2an qta smua terhindar dari stress.
    Good tips sob...

    ReplyDelete

No Spam, No Sara

Copyright © Do Fun

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog