Blog Shift Abstraction in Object Oriented Program Saturday, October 22, 2011 OOP memiliki beberapa pilar penting yang memberikan nilai plus sebagai bahasa pemrograman yang sudah familiar di dunia pemroraman.antara lai... 5

Abstraction in Object Oriented Program

Respons: 0 komentar

OOP memiliki beberapa pilar penting yang memberikan nilai plus sebagai bahasa pemrograman yang sudah familiar di dunia pemroraman.antara lain :

1. Enkapsulasi

Enkapsulasi adalah pembungkus, pembungkus disini dimaksudkan untuk menjaga suatu proses program agar tidak dapat diakses secara sembarangan atau di intervensi oleh program lain. Enkapsulasi akan melindungi sebuah program dari akses ataupun intervensi dari program lain yang mempengaruhinya. Hal ini sangat menjaga keutuhan program yang telah dibuat dengan konsep dan rencana yang sudah ditentukan dari awal.

Di dalam OOP, encapsulation dapat dilakukan dengan terlebih dahulu memahami access modifier yang mendefiniskan bagaimana suatu data atau method dapat diakses. Ada empat macam access modifier pada OOP, yaitu:

- Private : hanya diakses class itu sendiri

- Public : dapat diakses dari manapun

- Protected : hanya dapat diakses dari package (satu folder) dan subclass

- Default : tanpa modifier, hanya bisa diakses dari package dan class itu sendiri.

2. Data Hiding

Data Hiding adalah suatu konsep untuk membuat data/field tidak dapat diakses dari objek, kelas, API dalam suatu sistem. Sebagai contoh saat kita menarik uang di ATM, kita hanya mengetikkan pin kita, dan mendapatkan uangnya, kita tidak mengetahui bagaimana uang dari tabungan ditransfer ke tangan kita

3. Polimorfisme

Polimorfisme memungkinkan sebuah kelas untuk memiliki banyak bentuk yang berbeda. Maksudnya dengan satu method yang sama, kita bisa mendapatkan fungsi yang berbeda. Polimorfisme mengubah sifat menurut objek sesuai acuan dan secara otomatis akan menjalankan method yang tepat dari objek yang menjadi acuan tersebut.

4. Inheritance

Inheritance (pewarisan) merupakan proses pewarisan data dan method dari kelas induk(Super Class) ke kelas anak(Sub Class). Dalam inheritance terdapat istilah overriding dan overload, apa itu? cari sendiri!! hehe. overriding itu kemampuan subClass untuk memodifikasi atau meredefinisi data atau method dari superClass. proses ini nantinya akan mengakibatkan kepada kedua kelas; subClass dan superClass. kalo overloding itu kemampuan dalam membuat dua atau lebih method dengan nama yang sama dalam satu kelas, namun memiliki jumlah parameter atau tipe argumentnya berbeda.

Related Posts On kuliah ,oop

No comments:

Post a Comment

No Spam, No Sara

Copyright © Do Fun

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog