Anonymous Mobile Learning Bagi Pelajar Indonesia Tuesday, April 5, 2011 Sekilas tentang mobile learning adalah salah satu metode dimana kita bisa belajar menggunaka hardware yang berisi bacaan yang dapat di guna... 5

Mobile Learning Bagi Pelajar Indonesia

Respons: 0 komentar

Sekilas tentang mobile learning adalah salah satu metode dimana kita bisa belajar menggunaka hardware yang berisi bacaan yang dapat di gunakan kapanpun dan dimanapun. Pada saat ini pemerintah Indonesia sedang melakukan pengembangan terhadap mobile learning, karena pada zaman yang serba digital pada saat ini para pelajar Indonesia lebih memilih membawa gadget mereka daripada membawa buku mereka.

Hal ini lah yang merupakan titik balik ide pembuatan mobile learning bagi para pelajar. Karena sesuai tuntutan zaman dimana setiap orang dapat melakukan hal-hal ke seluruh orang yang ada di dunia ini dengan mudah dan cepat. Inilah yang menjadikan konsep mobile learning yaitu kapanpun dan dimanapun kita bisa belajar. Selain menuruti tuntutan zaman, mobile leraning juga merupakan cara alternatif untuk mengurangi penggunaan kertas. Karena dengan mobile learning kita hanya perlu menggunakan alat elektronik untuk menjalankannya.

Saat ini pemerintah Indonesia khususnya Kementrian Pendidikan Indonesia telah menciptakan beberapa fasilitas yang dapat di manfaatkan para pelajar. Salah satunya ya mobile learning ini, melalui Balai Pengembangan Multimedia (BPM) yang berpusat di Semarang. Mereka telah menciptakan 40 konten pemebelajaran virtual yaitu terdiri dari pelajaran Matematika,Fisika,Biologi dan beberapa Simulasi. Semua ini di buat dalam konsep belajar yang mengasyikan. Berikut saya lampirkan profile dari BPM :

Balai Pengembangan Multimedia (BPM) Semarang adalah salah satu unit pelaksana teknis yang berada di bawah Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Departemen Pendidikan Nasional. BPM Semarang merupakan institusi pengembang media pendidikan yang merupakan alih fungsi dari lembaga sebelumnya yang bernama Balai Produksi Media Radio (BPMR) Semarang yang telah berdiri sejak tahun 1979. Pada tahun 2003, BPMR Semarang tersebut berubah nama dan status menjadi Balai Pengembangan Multimedia Semarang, melalui SK Mendiknas nomor 102/O/2003.

Di lingkungan Depdiknas, BPM Semarang mengemban tugas untuk melaksanakan pengkajian model dan format sajian multimedia untuk pembelajaran. Dalam menjalankan tugas tersebut, fungsi-fungsi yang diselenggarakan BPM Semarang adalah :

  • Pengkajian model dan format sajian multimedia
  • Perancangan model dan format sajian multimedia
  • Pembuatan model dan format sajian multimedia
  • Pengelolaan sarana, peralatan, dan bahan pengembangan model dan format sajian multimedia
  • Pemberian layanan teknis pengembangan model dan format sajian multimedia
  • Pelaksananaan urusan ketatausahaan Balai.

BPM Semarang mencanangkan visi menjadi lembaga unggulan dalam pengembangan dan pendayagunaan multimedia pembelajaran. Sedangkan missi yang terus akan dilakukannya adalah :

  • Mengembangkan berbagai model dan format multimedia pembelajaran
  • Mengembangkan sistem pembelajaran yang memanfaatkan program multimedia pembelajaran
  • Mengembangkan sumber daya manusia di bidang pengembangan dan pemanfaatan multimedia pembelajaran
  • Mengembangkan program kemitraan dengan unit lain dalam bidang pemanfaatan TIK untuk pendidikan.

Program dan kegiatan kerjasama/ kemitraan yang bisa dilakukan BPM Semarang dengan instansi lain, antara lain adalah :

  • Pelatihan penulisan naskah multimedia pembelajaran
  • Pelatihan produksi program multimedia pembelajaran interaktif
  • Pelatihan penulisan naskah mobile learning
  • Pengembangan desain model pembelajaran dengan memanfaatkan TIK
  • Magang / in-house training untuk produksi program multimedia
  • Konsultasi dan fasilitasi dalam pengembangan program multimedia pembelajaran

Sejak berfungsi sebagai unit pengembang media, BPM Semarang hingga saat ini telah memproduksi program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), baik dalam format on-line maupun off-line. Beberapa program produk BPM Semarang tersebut telah dimanfaatkan untuk menambah variasi sumber belajar bagi peserta didik. Program MPI tersebut juga telah diupload di situs pendidikan yang dikelola Pustekkom bernama E-dukasi.net.

Mulai tahun 2009, BPM mengembangkan model dan format multimedia format mobile-learning dengan nama Mobile Edukasi (m-Edukasi). Dengan didukung oleh tenaga ahli di bidang pengembangan multimedia serta fasilitas produksi yang memadai, ke depan, BPM Semarang akan terus berinovasi untuk mengembangkan berbagai model dan format multimedia pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi informasi.


Semoga semua ide pemerintah ini dapat menjadikan bangsa Indonesia yang cerdas Seutuhnya. Amin


Bagi yang ingin mengunduh konten BPM bisa klik Disini.



Related Posts On

No comments:

Post a Comment

No Spam, No Sara

Copyright © Do Fun

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog