Blog Shift Privacy in Social Network Saturday, May 14, 2011 Indonesia merupakan salah satu pengguna social network terbesar didunia, salah satunya adalah Facebook. Indonesia telah menjadi negara denga... 5

Privacy in Social Network

Respons: 0 komentar


Indonesia merupakan salah satu pengguna social network terbesar didunia, salah satunya adalah Facebook. Indonesia telah menjadi negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat dengan 24 juta pengguna atau 10% dari total penduduk Indonesia. Lalu apakah 24 Juta pengguna tersebut dapat menjaga privacy mereka sendiri ?

Saya yakin, sebagian besar pengguna Facebook belum pernah membaca ini

Connecting with an Application or Website. When you connect with an application or website it will have access to General Information about you. The term General Information includes your and your friends’ names, profile pictures, gender, user IDs, connections, and any content shared using the Everyone privacy setting. We may also make information about the location of your computer or access device and your age available to applications and websites in order to help them implement appropriate security measures and control the distribution of age-appropriate content. If the application or website wants to access any other data, it will have to ask for your permission.

Tulisan tersebut merupakan salah satu kutipan dari halaman Privacy Policy di Facebook. Hal itu menjelaskan bahwa, saat kita menjalankan suatu aplikasi yang terintegrasi dengan Facebook, sebenarnya secara tidak sadar kita juga memberikan segala macam informasi mengenai diri kita kepada penyedia aplikasi tersebut.

Hal tersebut hanyalah salah satu contoh bahwa sebenarnya kita secara sukarela membeberkan privacy kita kepada pihak lain yang kitapun tidak mengetahui siapa orang tersebut.

Untungnya, Facebook memberikan kita kebebasan untuk menyetujui atau tidak menyetujui penggunaan aplikasi pihak ketiga. Namun tetap saja, banyak orang yang tidak membaca bahwa sebenarnya kita akan memberikan informasi mengenai diri kita pada aplikasi tersebut.

Jadi, pilihan ada di tangan kita sendiri, kalau saya tetap menggunakan Facebook untuk menjalin hubungan dengan kerabat-kerabat saya, namun tetap menjaga privacy di sendiri dengan sebisa mungkin tidak mengikuti aplikasi pihak ketiga manapun. Lalu bagaimana dengan anda ?

Related Posts On

No comments:

Post a Comment

No Spam, No Sara

Copyright © Do Fun

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog