Blog Shift Perlindungan Ganda Untuk Account Google Anda Wednesday, June 8, 2011 Email, salah satu media elektronik ini merupakan salah satu pintu masuk utama menuju pintu beberapa account yang lain seperti social network... 5

Perlindungan Ganda Untuk Account Google Anda

Respons: 1 komentar
Email, salah satu media elektronik ini merupakan salah satu pintu masuk utama menuju pintu beberapa account yang lain seperti social network( Facebook, twitter), payment processor(Paypal, alertpay), domain, hosting, blog, dan masih banyak lagi yang lainnya. Seketat apapun kita menjaga password kita agar password tidak diketahui orang lain, masih banyak jalan untuk membongkar password kita. Hal seperti itu tidak akan kita bahas, yang dibahas disini adalah bagaimana mengamankan email kita dari orang yang bertanggung jawab khususnya pada gmail.

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui, fitur tersembunyi pada google untuk mencegah google account kita di akses oleh orang lain. Ya, fitur itu bernama 2 steps verification. Fitur baru 2-step verification ini akan mengintegrasikan sistem keamanan yang setingkat lebih maju dari rival-rival Google yang lain dalam urusan keamanan dalam sistem account dan emailnya, yaitu verifikasi lewat password dan lewat akses kode (PIN) yang secara otomatis akan dikirimkan melalui SMS kepada perangkat selular yang telah didaftarkan sebelumnya atau melalui aplikasi Google Authenticator yang tersedia untuk Android, iPhone, dan BlackBerry.

cara ini akan membuat gmail anda lebih aman dari hacker dan orang iseng karena setiap kali login anda akan dikirimi SMS yang berisi kode verifikasi, jadi walaupun password gmail anda jatuh ke tangan orang lain sepertinya akan sulit untuk dibobol karena dia tidak akan bisa login jika tidak memasukan kode verifikasi dari gmail.

Ingin fitur ini aktif ? berikut langkah-langkahnya

1.
Untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan anda membuka halaman Dashboard account Google anda di sini: https://www.google.com/accounts/ManageAccount kemudian klik Using 2-step verification pada kolom Security.


2.

Klik Set up 2-step verification, dan akan muncul halaman selanjutnya yang meminta Anda untuk memasukkan nomor perangkat selular anda.






3.
Setelah anda mengisi nomor selular Anda, beberapa saat kemudian anda akan menerima SMS dari Google berisi 6 digit angka, masukkan kode tersebut ke dalam kotak isian Code kemudian klik tombol Verify. Setelah kode berhasil dikenali, klik tombol Next






4.
Klik tombol Next lagi ^_^








5.
Kemudian pada step selanjutnya akan tersedia kode backup jika suatu saat anda kehilangan perangkat seluluar anda atau karena suatu hal anda tidak bisa mendapatkan akses kode untuk dapat membuka account Google anda. Saya sarankan anda mencetak kode backup tersebut dan menyimpannya baik-baik. Klik Next untuk melanjutkan.





6.
Pada tahap ini kita diminta untuk memasukkan nomor selular alternatif jika suatu saat Google tidak bisa mengirimkan kode akses ke nomor selular utama. Silahkan isi dengan nomor selular yang lain, bisa nomor kerabat, teman, pacar, istri, adik, terserah Anda :) Klik Next dan selesailah set up 2-step verification.


7. Nah kini saatnya kita tes dengan login ke Gmail/Google Account. Masukkan username dan password seperti biasa dan klik tombol Sign in jika fitur 2-step verification kita tadi telah aktif, maka akan muncul halaman verifikasi kedua yang akan meminta akses kode yang akan otomatis dikirim ke perangkat selular Anda sesaat setelah verifikasi pertama berhasil (username dan password yang valid).

8.
Jika Anda mengakses account Google/Gmail ini dari komputer/laptop pribadi, maka opsi Remember verification for this computer for 30 days bisa anda pilih agar tidak perlu lagi memasukkan kode verifikasi berulang selama 30 hari ke depan.



Nah, kalau sudah begini anda akan lebih tenang menjaga hal-hal pribadi didalam account google anda. Kalupun ada yang berhasil mencuri password anda, dia tidak akan bisa login karena ia tidak memiliki code verification yang dikirim melalui sms, kecuali kalau HP anda ternyata juga di sadap, hehe ^_^

Related Posts On 2 step verification ,gmail ,password ,security

1 comment:

  1. sayangnya, belum semuanya ada sampai komentar ini ditulis. saya coba di satu akun, ada fasilitas itu. coba login pake akun lain, belum ada.

    ReplyDelete

No Spam, No Sara

Copyright © Do Fun

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog